Selamat Datang kance dulur se-Tanjung Enim angat

Rabu, Juni 11, 2008

Laut, salah satu bukti keagungan Tuhan

Dulu aku sering berlayar, dari satu pulau ke pulau lainnya dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya di indonesia. Ketika dalam pelayaran tidak ada hiburan untuk mengusir rasa jenuh yang datang setelah beberapa hari pelayaran, bahkan tidurpun sudah terasa jenuh. Memandang keluar kapal, sejauh mata memandang yang ada hanya air, air dan air. Hati terasa agak riang ketika ada segerombolan lumba-lumba yang mengiringi perjalanan kami, aku berpikir itu pertanda baik.

Pada saat malam menjelang rasa jenuh makin terasa, kadang-kadang aku keluar ke geladak terbuka. Aku memandang langit dan lautan tapi yang ada hanya gelapnya malam. Timbul dalam benakku, siapa yang menciptakan semua keajaiban ini? Pastilah sesuatu yang maha hebat, dialah Allah SWT.

Aku merasa betapa kecilnya diriku, karena ternyata kuasa tuhan begitu hebatnya. Mengapa ada manusia-manusia yang merasa tinggi hati? tidak mau bersyukur atas segala karunia Ilahi. Ataukah belum menyadari akan keagunganNya? Apa yang bisa manusia sombongkan di depan sang penciptanya? Tidak ada.

Ingat, akan datang suatu saat dimana manusia tidak lagi dapat berbicara, bahkan mengedipkan matapun tak bisa. Setelah itu mulut akan dikunci, tidak ada kata-kata, namun anggota badan lainnya yang akan bicara menjawab pertanyaan-pertanyaan dari malaikat yang diutus sang pencipta. Apa yang dapat menolong kita pada saat itu? Tidak ada. Kecuali amal jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak-anak soleh yang senantiasa mendoakan kita. Dan yakinlah saat itu akan datang. Kita belum tau kapan, tapi pasti. Masihkah kita tidak mau bersujud dan bersyukur?

Tidak ada komentar: